JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Aplikasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Handika Handika (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Molli Wahyuni (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa banyak siswa kelas IV SD kesulitan memahami bangun ruang, terutama pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang. Hal ini disebabkan karena guru tidak memberikan pembelajaran bangun ruang secara realistis yang sesuai dengan situasi kongkrit siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode demontrasi. Metode demontrasi merupakan salah satu pendekatan pembelajaran Matematika yang berorientasi pada pengalaman sehari-hari. Dengan demikian, tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil siswa kelas IV pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 005 Bukit Ranah dengan subjek penelitian adalah kelas IV SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes,observasi, dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan analisis kualitatif yang dikemukan oleh Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang dengan menerapkan metode demontrasi pada setiap siklus dapat nilai rata-rata 75,27% dengan persentase ketuntasan belajar 44,44% pada siklus I nilai rata-rata 86,38% dengan ketuntasan belajar 88,88% pada siklus II. Jadi, pembelajaran sifat- sifat bangun ruang dengan menerapakan metode demonstrasi dapat meningkatkan belajar siswa kelas IV.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...