Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Vol 23 No 2 (2022): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan

URGENSI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK MENURUT KH. AHMAD DAHLAN

Siti Mahmudah (Universitas Ahmad Dahlan)
Yazida Ichsan (Universitas Ahmad Dahlan)
Siti Nur Azizah (Universitas Ahmad Dahlan)
Safira Anggraeni (Universitas Ahmad Dahlan)
Rani Salwa Ussyifa (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Pendidikan pada umumnya menetapkan pada pedoman Al-Quran dan landasan Al-Hadits. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan manusia baik mental maupun fisik. Dalam memberikan pemahaman agama, dilakukan dengan cara kajian ke daerah setempat dan membangun sekolah formal tentang keyakinan Islam dan studi tauhid. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana pandangan menurut K.H. Ahmad Dahlan tentang pentingnya pendidikan Akidah Akhlak. Akidah adalah ajaran Islam yang dianggap semua umat Islam sebagai sumber keyakinan yang mengikat. Akidah Islam adalah ketentuan utama semua amalan. Untuk mendapatkan keyakinan yang sejati, penting untuk meninjau dan mendalami sifat Allah SWT dari dibenci serta disukai. Sesuai KH. Ahmad Dahlan, pembinaan yang ketat harus diberikan kepada seluruh umat Islam untuk menjauhi hal yang salah, seperti tiga sekawan kebatilan yang masih hidup di kalangan umat Islam. Dalam memberikan pemahaman agama, dilakukan dengan cara kajian ke daerah setempat dan membangun sekolah formal tentang keyakinan Islam dan studi tauhid.Kata Kunci: pendidikan, akidah, KH Ahmad Dahlan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tamaddun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para ...