Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Using Mobile Application For English Learning

Evi Rosmiyati (Universitas PGRI Palembang)
Noviati Noviati (Universitas PGRI Palembang)
Hermasnyah Hermasnyah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa SMA Ethika Palembang dengan menggunakan aplikasi cake. Penulis menerapkan metode pra-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Ethika Palembang tahun ajaran 2022/2023. Sampelnya adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam pengambilan sampel. Penulis menggunakan tes dan angket untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan siswa memiliki nilai yang buruk pada pre-test. Setelah perawatan, kemampuan mendengarkan mereka meningkat secara signifikan. Terlihat dari skor mereka yang berubah menjadi bagus. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi cake efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa. Data dari angket menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap penerapan penggunaan aplikasi cake. Berdasarkan hasil uji-t, penelitian menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dari nilai signifikansi penelitian (sig 0,000 < p 0,05), berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...