PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember 2022

Mengurai Kebekuan, Merajut Kebersamaan: Kajian Etnopedagogi terhadap Falsafah Padang Ditulak Tallu dalam Konteks Budaya Uluway dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Agama Kristen Berbasis Multikultural

Setrianto Tarrapa (IAKN Toraja)
Alfonso Johanres Tonu Lema (Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kristen Sumba)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Sebagai negara yang bersifat heterogen yaitu terdiri dari latar belakang suku, budaya, agama, maka Indonesia memerlukan pendekatan dan instrumen strategik yang dapat dijadikan sebagai sebuah gerakan untuk mewujudkan persatuan, kesatuan dan keutuhan. Secara progresif, pendidikan multikultural menjadi salah satu pendekatan dalam melakukan transformasi pendidikan untuk menjadi instrumen dalam menanamkan kesadaran masyarakat tentang adanya keutuhan dalam perbedaan. Dalam mewujudkan pendidikan multikultural, maka aspek budaya lokal sangat kental dengan nilai-nilai yang menjadi perekat kesatuan, termasuk falsafah hidup masyarakat tradisional Toraja. Falsafah Padang Ditulak Tallu menjadi perekat utama masyarakat Toraja untuk hidup secara harmonis dalam berbagai perbedaan.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojsdatapeada

Publisher

Subject

Religion Education

Description

1. Pendidikan Karakter Kristiani 2. Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 3. Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Kristen 4. Pendidikan Agama Kristen Kontekstual 5. Konseling Pendidikan Agama Kristen 6. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen 7. Manajemen Pendidikan Agama Kristen 8. Teori Belajar ...