ABSTRAKDi era digital saat ini sangat dibutuhkan literasi digital. Literasi digital erat kaitannya dengan penguasaan  media dan teknologi digital dengan memahami berbagai konten digital, dan menggunakan alat komunikasi digtial dengan tepat yang dimana program literasi digital ini ada berbagai proses didalamnya seperti mencari, menemukan, berfikir kritis, kreatif dan inovatif  evaluasi dalam mengelola sebuah  informasi. Jika literasi digital dilakukan dan dimanfaatkan dengan baik maka dapat meningkatkan hasil  belajar PAI siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Data dianalisa dengan rumus persentase, rumus interval skor dan kategori, uji koefisien determinasi,  uji regresi linear sederhana, uji t dan uji lainnya. Populasi diambil pada kelas VIII dari 3 kelas yang berjumlah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang dipilih secara acak. Sampel ditentukan dengan rumus slovin didapatkan sampel berjumlah 69 siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata tingkat literasi digital siswa termasuk dalam kategori “sedang” dengan persentase (40,6%) . (2) Rata-rata Hasil Belajar PAI siswa adalah “sedang” dengan persentase  (39,1%). (3) Dan dari uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan N= 69 diperoleh thitung (2,092) > (1,996) ttabel  sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital (X) terhadap hasil belajar PAI (Y) siswa kelas VIII di SMPIT Tunas Harapan Ilahi Kota Tangerang. Adapun kontribusi literasi digital terhadap hasil belajar PAI adalah sebesar 6,1 % dan 93,9 % dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Literasi Digital, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023