Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Vol. 2 No. 3 (September) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya

EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 10 KOTA MAKASSAR

Nurhudayah S (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan menulis bahasa Arab siswa SMA Neg 10 Makassar terutama kelas XII IPA III masih rendah. Kurangnya pemahaman dalam kemampuan menulis karena metode pembelajaran yang kurang efektif, kurang menarik dan monoton. Oleh karena itu pengajar harus memilih metode yang tepat dan sesuai untuk siswa. Salah satu metode pembelajaran adalah metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana kemampuan menulis siswa bahasa Arab siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penggunaan pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa dilakukan dalam pre-test kemudian menerapkan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan post-test adalah peningkatan persentase nilai jawaban yang benar dan persentase penurunan nilai jawaban yang salah setelah proses pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsbsk

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of Jurnal Sarjana Ilmu Budaya is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: Language Literature Culture ...