Dalam penelitian ini penulis menerapkan sebuah metode pembelajaran yang belum pernah diterapkan sebelumnya di MTs Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten Bone. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiman pengaruh peserta didik dalam memahami mufradat dengan metode berbeda yang telah diterapkan pendidik di Mts Irsyadussalam Cakkeware sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur apakah media yang diterapkan oleh penuls mempunyai pengaruh dalam hal pembelajaran bahasa Arab di MTs Irsyadussalam Cakkeware, maka penulis melakukan penelitian dengan cara terjung langsung mengamati situasi belajar siswa dengan bertindak sebagai pengajar. Penulis mengawalinya dengan menentukan kelas kontrol (control class) dan kelas eksperimen (experimental class ), dan terpilihlah menjadi dua kelas, yaitu kelas VIII putra sebagai kelas kontrol dan sendangkan kelas VIII putri sebagai kelas eksperimen. Kelas VIII putra tidak ada perlakuan dalam pengajaran, sedangkan kelas VIII putri diberi perlakuan dalam pengajaran berupa media visual, setelah itu penulis akan membandingkan dari dua kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata kelas VIII putri mengalami peningkatan dalam penguasaan mufradat yang telah diperbandingkan dengan kelas VIII putra. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran media visual sangat berdampak yang signifikan dalam membantu siswa MTs Irsyadussalam dalam peningkatkan pembelajaran bahasa Arab.
Copyrights © 2021