UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 12 No. 1 (2023)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBAGAI APLIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SAINS UNTUK SISWA TUNAGRAHITA: LITERATURE REVIEW

Rokhim, Deni Ainur (Unknown)
Nenohai, Jacky Anggara (Unknown)
Agustina, Nur Indah (Unknown)
Munzil, Munzil (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Siswa tunagrahita memiliki kemampuan fungsi intelektual atau kecerdasan di bawah rata-rata anak normal sehingga mengalami kesulitan dalam memahami materi yang abstrak seperti IPA, akan tetapi ada cara yang dapat meningkatkan pemahaman mereka yaitu menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil efektivitas penggunaan media pembelajaran dari berbagai aplikasi dalam meningkatkan materi sains untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan database artikel online yaitu ERIC dan Google Scholar. Artikel yang direview sebanyak 10 artikel sesuai topik. Hasil review menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bagi siswa tunagrahita sangat berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman pada materi IPA. Media pembelajaran yang digunakan banyak berasal dari berbagai aplikasi seperti media yang menggabungkan sisi edukasi dan hiburan seperti menggunakan video, permainan (game), media visual seperti gambar dan lainnya sesuai dengan kebutuhan siswa tunagrahita. Berdasarkan hasil literature review dari peneliti sebelumnya, maka disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 selaras dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa tunagrahita pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita pada materi sains dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...