JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Meningkatkan Hasil Belajar Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Febri Nurhayati (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Masrul Masrul (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan hasil belajar perubahan kenampakan bumi dan benda langit dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IVA SDN 007 Tambusai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I hanya 13 atau 65% orang yang mencapai ketuntasan secara individual. Siklus II meningkat menjadi 18 orang atau 90% yang mencapai ketuntasan secara individual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar perubahan kenampakan bumi dan benda langit pada siswa kelas IVA SDN 007 Tambusai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...