JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Indros Piliati (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Molli Wahyuni (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nurmalina Nurmalina (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 008 Salo dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi bangun ruang, kesebangunan dan simetri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 008 Salo tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 73,54 dan persentase tuntas belajar klasikal 79,17%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,87 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 87,5%. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...