Tujuan penelitian ini adalah untuk mnegetahui penggunaan reward dan punishment dalam proses pembelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Selain itu peneliti ingin mengetahui bagaimana dampak reward dan punishmentn terhadap proses pembelajaran siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas IV. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memberikan reward dan punishment melibatkan tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan. Reward yang diberikan oleh guru kepada siswa meliputi reward verbal, non verbal, dan reward berjenis benda atau barang. Punishment yang diberikan adalah teguran atau hukuman. Sebagian besar dampak reward dan punishment bersifat positif dan sebagian kecil berdampak negatif. Dalam pembelajaran siswa menjadi mempunyai motivasi yang tinggi dan antusiasime dalam kegiatan belajar.
Copyrights © 2023