Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan untuk mengenalkan dan menerapkan strategi Phygital Promotion dalam pemasaran produk hasil perikanan tangkap sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan. Phygital merupakan perpaduan antara proses pemasaran fisik dan digital sehingga memungkinkan proses jual beli dilakukan secara online dan offline secara bersamaan. Pada penerapannya konsep phygital dilakukan dengan dua metode yaitu webrooming dan showrooming. Sasaran yang menjadi mitra dari kegiatan ini adalah kelompok nelayan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan, permasalahan yang dihadapi oleh mitra meliputi 1) ketersediaan produk hasil perikanan tangkap yang melimpah tidak disertai dengan harga yang sesuai atau kebutuhan pasar, 2) pemahaman terkait strategi pemasaran masih sangat rendah 3) nelayan masih menggunakan metode konvensional dalam pemasaran, pemahaman penggunaan teknologi masih sangat minim. Sehingga melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pengenalan salah satu metode digital marketing, kegiatan dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu tahapan edukasi terkait dengan strategi phygital promotion dalam pemasaran produk hasil perikanan tangkap dan tahapan pendampingan penggunaan media digital dalam pemasaran hasil perikanan tangkap.
Copyrights © 2023