ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2023): ELIPS, Maret 2023

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

La Eru Ugi (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Rismayani Armin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Bahtiar Bahtiar (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Runduma. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode ex-post facto, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah sekaligus sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Runduma. Untuk memperoleh data penelitian peneliti menggunakan instrumen angket motivasi siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar matematika siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Runduma tahun ajaran 2022/2023. Hal ini berdasrkan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (0,000)> 0,05 sehingga H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifkan antara kedua veriabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...