Jurnal Saintifik
Vol 20 No 2 (2022): MEI

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS PEMBINA KECAMATAN SEBRANG ULU I KOTA PALEMBANG

M Sattarudin (Program Studi Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

The purpose of carrying out this research activity is to determine the effect of service quality on patient satisfaction at the Pembina Public Health Center, Sebrang Ulu I District, Palembang City. The research method used is a quantitative research approach. Methods for collecting data by distributing questionnaires to patients at the Pembina Public Health Center, Sebrang Ulu I District, Palembang City. The results of the research and discussion found that the quality of service had an effect on patient satisfaction, the value obtained stated that there was a positive influence between and between public services on satisfaction (76.5%). The results obtained indicate that if the service is improved, then patient satisfaction will also increase. This positive influence was obtained because of the willingness of officers to provide services and being able to control themselves. So that in serving the community, officers are able to maximize all the elements in the theory of service quality. ABSTRAK Tujuan dilaksanakan kegaiatan penelitian adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Pembina Kecamatan Sebrang Ulu I Kota Palembang. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Kuantitatif. Metode Pengumpulan data dengan menyebar kuesioner/angket kepada pasien yang ada di Puskesmas Pembina Kecamatan Sebrang Ulu I Kota Palembang. Hasil penelitian dan pembahasan didapatkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien, nilai yang didapat menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan antara Pelayanan Publik terhadap kepuasan (76,5%). Hasil yang didapat menyatakan bahwa jika pelayanan ditingkatkan, maka Kepuasan Pasien juga akan ikut meningkat. Pengaruh positif tersebut didapat karena adanya kemauan petugas dalam memberikan pelayanan dan mampu mengontrol diri. Sehingga dalam melayani masyarakat petugas mampu memaksimalkan semua unsur yang ada dalam teori kualitas pelayanan.

Copyrights © 2022