cover
Contact Name
Parwito
Contact Email
parwitougm@gmail.com
Phone
+6281328676033
Journal Mail Official
jsaintifik@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Pertanian, Universitas Ratu Samban, Jl. Jend. Sudirman No 87 Arga Makmur Bengkulu Utara
Location
Kab. bengkulu utara,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Saintifik
ISSN : 1693668X     EISSN : 28293975     DOI : https://doi.org/10.58222/js.v20i3.72
Jurnal Saintifik terbit 4 bulanan (Januari, Mei dan September) merupakan jurnal peer review, open access, ilmiah dan ilmiah yang menerbitkan makalah penelitian, makalah review, laporan kasus, studi kasus, resensi buku, skripsi, tesis, karya disertasi, dll. Jurnal Saintifik (JS) ini didedikasikan untuk menggali dan menyebarluaskan hasil dari berbagai pemikiran kreatif dan inovatif yang berdasarkan pada proses penelitian dan pemikiran yang ilmiah. Jurnal Saintifik (JS) ini berfokus pada: Biologi: Botani, Biosains, Mikrobiologi, Bioteknologi, Biologi Klinis, Biologi Molekuler, Biokimia, Pertanian, Kimia, Lingkungan dan Ekologi, Ilmu Pangan, Nutrisi, Ilmu Tumbuhan, Entomologi, Zoologi, Perikanan, Ilmu Tanaman, Fitopatologi. Humaniora: Seni, Sejarah, Bahasa, Sastra, Musik, Filsafat, Agama, Teater, dll. Ilmu Sosial: Geografi, Sosiologi, Pendidikan, Ilmu Politik, Adminitrasi negara, Hukum, Kebijakan, Tinjauan Sosial, Seni, Sejarah, Filsafat, Antropologi, ilmu komunikasi dan Psikologi Manajemen: Perdagangan, Ekonomi, Keuangan, Akuntansi, Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Mutu, Bisnis, dan Adminitrasi Bisnis. Ilmu Kedokteran: Kedokteran, Kesehatan, Keperawatan, Penelitian Klinis, Farmasi, Herbal, Farmakognosi, Farmakologi, Fitokimia, Kebidanan, Rekam Medik, Sistem informasi Kesehatan, Kesehatan masyarakat. Agama dan Kepercayaan: Pendidikan agama, Semua agama dan kepercayaan yang diakui di Indonesia Pendidikan Jasmani: Olahraga, Yoga, Fisioterapi, Fisiologi, Latihan, Kesehatan, Kesehatan Jasmani, Pendidikan keolahragaan dan Jasmani. Teknik: Teknologi Informasi, Aplikasi Komputer, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Fisika, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Digital, dan Teknik Pertanian. Pendidikan : Pendidikan Umum, Pendidikan Tinggi, Manajemen Pendidikan, Pendidikan non formal, Pendidikan Formal, Pendidikan luar sekolah, Pendidikan luar biasa dan Teknologi pendidikan. Pertanian : Perlindungan tanaman, budidaya pertanian, agronomi, pemuliaan tanaman, Agribisnis, sosial ekonomi, kehutanan, hortikultura, budidaya perairan, ilmu kelautan, ilmu pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 110 Documents
EX ANTE DAN EX POST PETANI YANG MENGONVERSI LAHAN DARI SAWAH KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT Santi Minarti
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.642 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i1.37

Abstract

The purpose of this study was to determine the socio-economic impact of converting lowland rice farming land to oil palm plantations on ex ante (before) and ex ante (after) income conversion of farmers' land. This study uses qualitative data types from primary and secondary sources. The sample used was only farmers who did land conversion from lowland rice to oil palm plantations. Data were collected using an open questionnaire and the respondents were 20 farmers who converted their land. The data collection techniques used in this study were observation, interviews, documentation and questionnaires. The results of the study show that the decision of farmers to convert their paddy fields that they have is no longer productive for rice plants due to the abundant irrigation water that has now been reduced and has even gone dry. Ex post income of farmers who have converted land from rice fields to oil palm plantations can increase farmers' income. The existence of government policies will strengthen the causes of farmers' decisions to convert land, farmers think that their land cannot be used for rice fields anymore, so they convert their land to oil palm plantations so that they will be able to invest with long-term income. ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak sosial ekonomi dari konversi lahan pertanian padi sawah ke perkebunsn kelapa sawit terhadap pendapatan ex ante (sebelum) dan ex ante (sesudah) konversi lahan milik petani. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder. sampel yang digunakan hanya petani yang melakukan konversi lahan dari padi sawah ke perkebunan kelapa sawit pengambilan data mengunakan kuisioner terbuka dan responden sebanyak 20 orang petani yang melakukan konversi lahan milik mereka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Kuisioner. Hasil penelitian menunjukan keputusan petani mengkonversikan lahan sawah yang petani miliki sudah tidak produktif untuk tanaman padi disebabkan oleh irigasi air yang melimpah sekarang sudah berkurang bahkan sudah kekeringan. Ex post pendapatan petani yang telah mengkonversi lahan dari sawah ke perkebunan kelapa sawit lebih dapat meningkatkan pendapatan petani. Adanya kebijakan pemerintah akan memperkuat penyebab keputusan petani untuk konversi lahan, para petani beranggapan daripada lahan yang mereka miliki tidak dapat dimanfaatkan lagi untuk sawah, jadi mereka konversikan lahan milik mereka ke perkebunan kelapa sawit dengan demikian mereka akan bisa investasi dengan pendapatan jangka panjang.
IMPLEMENTASI PERTEMUAN AWAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) Sri Irmawati
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1636.449 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i1.38

Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of the Family Hope Program (PKH) in North Bengkulu Regency. This research was conducted in 2016 using qualitative data types from primary and secondary sources. The number of samples for respondents who came from the community receiving PKH assistance funds in this study were 98 (ninety eight respondents). The data collection techniques used in this study were Observation, Documentation and Questionnaires. The results showed that the implementation of the Family Hope Program at the implementation stage in North Bengkulu Regency on the percentage of answers regarding aid assistance in the PKH implementation stage in North Bengkulu Regency was 87.81% which was stated (very good). ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2016 dengan menggunakan jenis data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder. Jumlah sampel untuk responden yang berasal dari masyarakat penerima dana bantuan PKH dalam penelitian ini sebanyak 98 (sembilan puluh delapan responden). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi dan Kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Program Keluarga Harapan tahap pelaksanaan di Kabupaten Bengkulu Utara pada persentase jawaban responden mengenai aspek penyaluran bantuan dalam tahap pelaksanaan PKH di Kabupaten Bengkulu Utara sebesar 87,81% yang dinyatakan (sangat baik)
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ALOKASI DANA DESA (ADD) DI DESA KALBANG BENGKULU UTARA Cici Wulandari
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.696 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i1.39

Abstract

This research aimed to perception Allocation held in the village Kalbang distric of north Bengkulu. This study focused on the persepsion alocation of fund in rural rock Kalbang District of Lais, north Bengkulu. The purpose of this study was to find out is to determine the persepsion allocation in the village area Kalbang north Bengklu. The method used is descriptive qualitative. Based on this research can be concluded that the people in the village Kalbang district of Lais north Bengklu have a good response to the perception allocation fund in supporting the succes in increasing employmen the village Kalbang with result 10.31. village community Kalbang Lais north Bengkulu. district have Good response to the persepsion in the village fund allocation (ADD) in supporting the success of enhanced equity income in rural Kalbang with the result 10.12. people in the village of Lais north Bengkulu. Subdistrict Kalbang have good response to the perception in the village allocation fund in support of rural Develovment invropment success in rural Kalbang with the ressult of 10.51. and the villagers Kalbang districts of Lais north Bengkulu have feedback about the benefits of the village fund allocation an perception (ADD) which in the village Kalbang with result 10.48. and located at intervals of 10.12 with both criteria. ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya Alokasi Dana Desa yang di laksanakan di Desa Kalbang Kecamatan Lais Bengkulu Utara. Penelitian ini di fokuskan pada persepsi alokasi dana desa di Desa Kalbang Kecamatan Lais Bengkulu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan persepsi Alokasi Dana Desa, antara lain adalah peningkatan tenaga kerja,pemerataan pendapatan, dan peningkatan pembangunan desa di wilayah desa kalbang bengkulu utara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Persepsi Alokasi Dana Desa (ADD) di Wilayah Desa Kalbang Bengkulu Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa masyarakat di desa Kalbang Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu utara memiliki tanggapan baik terhadap persepsi Alokasi Dana Desa dalam mendukung Keberhasilan peningkatan Tenaga Kerja di desa Kalbang dengan Hasil 10,31. Masyarakat Desa Kalbang kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara memiliki tanggapan Baik terhadap persepsi Alokasi Dana Desa (ADD) dalam mendukung Keberhasilan Peningkatan Pemerataan Pendapatan di Desa Kalbang dengan hasil 10,12. masyarakat di Desa Kalbang Kecamatan Lais Bengkulu Utara memiliki Tanggapan Baik terhadap persepsi Alokasi Dana Desa dalam mendukung Keberhasilan Peningkatan Pembangunan Desa di desa Kalbang Dengan hasil 10,51. Dan masyarakat Desa Kalbang Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara memiliki tanggapan mengenai persepsi Alokasi Dana Desa (ADD) yang di laksanankan di Desa Kalbang dengan Hasil 10,48. Dan terletak pada interval 10,12 dengan kriteria baik.
ANALISIS PENGARUH ANGKATAN KERJA DAN INFLASI TERHADAP KONSUMSI MASYARAKAT Anggun Maulina
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.989 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i1.40

Abstract

This study aims to determine the analysis effect of variables of Economically active and Inflation of Consumption by Indonesia Society. This research uses secondary data (time series) which derived from Bank Indonesia’s data (BI) from 2002 to the second of 2014. The method of analisys are Multiple Regerssion using SPSS program. Estimation result with series data using multiple linear regression show that Economically Active have significant positive influence on Comsumtion by Indonesia society, and inflation not have significanct influence on Comsumtion by Indonesia society. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh variabel Aktif Ekonomi dan Inflasi Konsumsi Masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder (time series) yang berasal dari data Bank Indonesia (BI) dari tahun 2002 sampai kedua tahun 2014. Metode analisis yang digunakan adalah Multiple Regersion dengan menggunakan program SPSS. Hasil estimasi dengan data deret menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa Economically Active berpengaruh positif signifikan terhadap Konsumsi masyarakat indonesia, dan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Konsumsi masyarakat indonesia
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMANYA MENCARI KERJA DI KABUPATEN LEBONG Elmi Juita Sari
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.019 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i1.41

Abstract

The length of time looking for work for educated workers is the time needed for educated workers in looking for work to get a job that is currently occupied since completing the highest education in both the government and private sectors after graduating from education. Factors that affect the length of time looking for work for educated workers in this study are wages, education level, and gender. The purpose of this study was to determine how much influence wages, education level, and gender have on the length of time looking for work for educated workers in Lebong Regency. This research uses descriptive quantitative research method with multiple linear regression analysis. The sample in this study was 56 educated workers. The results showed that partially the wage variable (X1), had an effect on job search for workers in Lebong Regency with a regression coefficient of 0.396, education level (X2), had an effect on job discovery for educated workers (Y) in Lebong Regency with a regression coefficient 0.325, gender (X3) affects the availability of labor in Lebong Regency with a regression coefficient of 0.712. It is recommended that the workforce in Lebong Regency instill more spirit, in this case informing that the entrepreneurial spirit will be a solution in creating jobs, so that job seekers with higher education are expected to be more creative and innovative. ABSTRAK Lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik merupakan waktu yang diperlukan bagi tenaga kerja terdidik dalam mencari kerja untuk memperoleh pekerjaan yang sekarang ditekuni sejak selesai menempuh pendidikan yang tertinggi baik di sektor pemerintah maupun swasta setelah lulus pendidikan. Faktor yang mempengaruhi lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik dalam penelitian ini adalah upah, tingkat pendidikan, dan jenis kelamin. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh upah, tingkat pendidikan, dan jenis kelamin terhadap lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik di Kabupaten Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 tenaga kerja terdidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan secara parsial variabel upah (X1), berpengaruh terhadap lamanya mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik di Kabupaten Lebong dengan Koefisien regresi sebesar 0,396, tingkat pendidikan (X2), berpengaruh terhadap lamanya mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik (Y) di Kabupaten Lebong dengan Koefisien regresi sebesar 0,325, jenis kelamin (X3) berpengaruh terhadap lamanya mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik (Y) di Kabupaten Lebong dengan Koefisien regresi sebesar 0,712. Disarankan tenaga kerja di Kabupaten Lebong agar lebih menanamkan jiwa kewirausahaan, dalam hal ini memberi implikasi bahwa jiwa kewirausahaan akan menjadi solusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga para pencari kerja dengan pendidikan tinggi diharapkan untuk lebih kreatif dan inovatif.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM KARTU PRA KERJA PADA LEMBAGA PELATIHAN KERJA SWASTA (LPKS) DI PROVINSI SUMATERA SELATAN Aryanisila Aryanisila
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 2 (2022): MEI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.217 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i2.42

Abstract

The Pre-Employment Card Policy is one of the solutions in handling the impact of COVID-19 from the employment aspect. Where the beneficiaries are job seekers and also informal and formal workers who are directly affected by this corona virus. The Pre-Employment Card is a competency development and productivity improvement program through online and offline-based training fees. Digital platforms that have collaborated with the Pre-Employment Card Program to date include: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, What to Learn, Haruka Edu, Pijar Mahir, Sekolah.mu and Sisnaker. The Ministry of Manpower has prepared a Job Training Center (BLK) as one of the training institutions that will carry out training and also involve the private sector to implement this program, in this case the Private Job Training Institute (LPKS). The Department of Manpower and Transmigration of South Sumatra Province through the field of Training and Labor Productivity (Lattas) as implementing policies in the field of implementing job training and improving the quality of management of training institutions. Private Job Training Institutes (LPKS) are one of the partners in conducting training both online and offline, but in South Sumatra Province only a few LPKS can qualify as pre-employment card partners, this is due to the many qualifications and special standards that are required by LPKS to can become a pre-employment card partner and there are still at least a number of LPKS that can pass the pre-employment card partner verification, not only passing the partner verification but passing the verification of the training program offered by LPKS for prospective pre-employment card participants. This study uses a qualitative and descriptive approach using the Participatory Action Research (PAR) method. The presence of researchers in this study as the main instrument in data collection to the stage of reporting the results. The data sources used in this study are primary data sources, interviews and narratives. The subjects/informants in this study included the Head of the Manpower and Transmigration Service of South Sumatra Province, Head of Lattas (Training and Productivity), Head of Institutional Certification at the Manpower and Transmigration Office of South Sumatra Province, Manager of LPK Widya, LPK SPED, LPK Kiamory Academy, the General Society of pre-employment card registrants who pass and those who do not pass verification to become pre-employment card participants. The Pre-Employment Card Program which is running in the midst of the Covid-19 Pandemic needs to be evaluated immediately and wise considerations, especially for private job training institutions (LPKS) whose existence and quality improvement need to be supported and guided, making new innovations by utilizing the digitalization system. as well as the multi benefits obtained by pre-employment card participants as well as to give confidence to LPKS spread across regions / cities in South Sumatra to be able to compete and even partner with existing digital platforms. Coordination and collaboration between district / city governments in the future needs to be further improved so that the pre-employment card program can be implemented more optimally in South Sumatra. ABSTRAK Kebijakan Kartu Pra Kerja sebagai salah satu solusi dalam penanganan dampak COVID-19 dari aspek ketenagakerjaan. Di mana para penerima manfaat merupakan para pencari kerja dan juga pekerja informal maupun formal yang terkena dampak langsung dari virus corona ini. Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan yang berbasis daring (online) dan offline. Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruang guru, Mau Belajar Apa, Haruka Edu, Pijar Mahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. Kementerian Ketenagakerjaan telah menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai salah satu lembaga pelatihan yang akan melaksanakan pelatihan juga melibatkan swasta untuk mengimplementasikan program ini dalam hal ini yaitu Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS). Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan melalui bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja (Lattas) sebagai pelaksana kebijakan di bidang penyelenggaraan pelatihan kerja dan peningkatan mutu pengelolaan lembaga pelatihan. Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) menjadi salah satu mitra dalam menyelenggarakan Pelatihan baik secara online dan offline namun di Provinsi Sumatera Selatan hanya beberapa LPKS saja yang bisa lolos menjadi mitra kartu pra kerja, hal ini dikarenakan banyaknya kualifikasi dan standar khusus yang menjadi syarat LPKS untuk dapat menjadi mitra kartu pra kerja dan masih sedikitnya jumlah LPKS yang bisa lolos verifikasi mitra kartu pra kerja, tidak hanya lolos verifikasi mitra saja tetapi lolos verifikasi program pelatihan yang ditawarkan oleh LPKS untuk calon peserta kartu pra kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif dengan menggunakan metode Partisipatory Action Reseach (PAR). Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data sampai pada tahap laporan hasil. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer, wawancara dan narrative. Adapun yang menjadi Subyek / informan dalam penelitian ini diantaranya adalah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan, Kabid Lattas (Pelatihan dan Produktifitas), Kabid Sertifikasi Lembaga pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan , Pengelola LPK Widya, LPK SPED, LPK Kiamory Academy, Masyarakat Umum pendaftar kartu pra kerja yang lolos dan yang tidak lolos verifikasi untuk menjadi peserta kartu pra kerja. Program Kartu Prakerja yang sedang berjalan di tengah Pandemi Covid-19 perlu untuk segera dilakukan evaluasi dan pertimbangan yang bijak khususnya untuk lembaga pelatihan kerja swasta (LPKS) yang eksistensi dan peningkatan kualitasnya perlu di support dan dibimbing, melakukan inovasi - inovasi baru dengan memanfaatkan sistem digitalisasi serta multi benefit yang didapatkan oleh peserta kartu pra kerja sekaligus untuk memberikan kepercayaan diri terhadap LPKS yang tersebar di daerah / kota di Provinsi Sumatera Selatan untuk dapat bersaing bahkan bermitra dengan platform digital yang ada. Koordinasi antara pemerintah Kabupaten/Kota kedepannya perlu ditingkatkan lagi agar program kartu prakerja lebih maksimal pelaksanaannya di Sumatera Selatan.
PENGARUH REKRUITMEN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. GARUDA INDONESIA, TBK (PERSERO) BRANCH OFFICE PALEMBANG Puji Rahman
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 2 (2022): MEI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.993 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i2.43

Abstract

The purpose of the study was to examine the magnitude of the influence of recruitment and development on employee performance at PT. Garuda Indonesia, Tbk (Persero) Palembang Branch Office. The research method used is a quantitative method. Data was collected by means of observation, interviews, questionnaires, literature study. Data analysis was carried out by means of Multiple Regression Test. The results of the research and discussion found that the influence of recruitment and development on employee performance at PT. Garuda Indonesia, Tbk (Persero) Branch Office Palembang is 0.793, which means that if it is quadranted, the correlation result is multiplied by 100%. Then it was found that the effect of recruitment and development on employee performance was 79.3%. While the rest (100-79.3 = 20.7%) is influenced by other variables. The results of the hypothesis test show that the F value is 130,263 with a significance of .000, which means that the X1 and X2 variables simultaneously affect the Y variable. In addition, based on the t-test, it can be said that the Recruitment Variable and the career development variable partially affect work performance. This positive influence shows that with a good recruitment system, then development will result in good performance for employees. ABSTRAK Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji besarnya Pengaruh rekruitmen dan pengembangan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Garuda Indonesia, Tbk (Persero) Branch Office Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka. Analisa data dilakukan dengan cara Uji Regresi Berganda. Hasil penelitian dan pembahasan didapatkan bahwa Pengaruh rekruitmen dan pengembangan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Garuda Indonesia, Tbk (Persero) Branch Office Palembang 0,793 yang artinya jika dikuadrankan dengan hasil korelasi yang dikalikan 100%. Maka didapat bahwa pengaruh rekruitmen dan pengembangan terhadap prestasi kerja karyawan adalah 79,3 %. Sementara sisanya (100-79,3=20,7 %) dipengaruhi variabel lain. Hasil uji hipotesi menunjukkan bahwa nilai F sebesar 130.263 dengan signifikansi sebesar .000 yang artinya variable X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap variable Y. selain itu berdasarkan uji t dapat disampaikan bahwa Varibel Rekrutmen dan variable pengembangan karir secara parsial berpengaruh terhadap prestasi kerja. Pengaruh positif tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya sistem rekrutmen yang baik, kemudian dilakukan pengmebangan akan menjadikan prestasi yang baik bagi pegawai
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS PEMBINA KECAMATAN SEBRANG ULU I KOTA PALEMBANG M Sattarudin
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 2 (2022): MEI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.72 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i2.44

Abstract

The purpose of carrying out this research activity is to determine the effect of service quality on patient satisfaction at the Pembina Public Health Center, Sebrang Ulu I District, Palembang City. The research method used is a quantitative research approach. Methods for collecting data by distributing questionnaires to patients at the Pembina Public Health Center, Sebrang Ulu I District, Palembang City. The results of the research and discussion found that the quality of service had an effect on patient satisfaction, the value obtained stated that there was a positive influence between and between public services on satisfaction (76.5%). The results obtained indicate that if the service is improved, then patient satisfaction will also increase. This positive influence was obtained because of the willingness of officers to provide services and being able to control themselves. So that in serving the community, officers are able to maximize all the elements in the theory of service quality. ABSTRAK Tujuan dilaksanakan kegaiatan penelitian adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Pembina Kecamatan Sebrang Ulu I Kota Palembang. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Kuantitatif. Metode Pengumpulan data dengan menyebar kuesioner/angket kepada pasien yang ada di Puskesmas Pembina Kecamatan Sebrang Ulu I Kota Palembang. Hasil penelitian dan pembahasan didapatkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien, nilai yang didapat menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan antara Pelayanan Publik terhadap kepuasan (76,5%). Hasil yang didapat menyatakan bahwa jika pelayanan ditingkatkan, maka Kepuasan Pasien juga akan ikut meningkat. Pengaruh positif tersebut didapat karena adanya kemauan petugas dalam memberikan pelayanan dan mampu mengontrol diri. Sehingga dalam melayani masyarakat petugas mampu memaksimalkan semua unsur yang ada dalam teori kualitas pelayanan.
IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG STANDAR HABILITASI DAN REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS FISIK (BRSPDF) BUDI PERKAS Supardi Supardi; Resi Muliana
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 2 (2022): MEI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.128 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i2.53

Abstract

Social rehabilitation center for people with physical disabilities (brspdf) budi perkasa palembang during the covid-19 pandemic, problems were found related to the covid-19 pandemic, namely the social rehabilitation service program at the rehabilitation center still relies on service program processes that are not optimal, which are constrained by the covid pandemic. -19. Has a problem formulation how is the implementation of the regulation of the minister of social affairs of the republic of indonesia number 7 of 2017 concerning standards for habilitation and social rehabilitation of persons with disabilities at the budi perkasa social rehabilitation center for physical disabilities palembang during the covid-19 pandemic. The purpose of this study was to analyze the implementation of the regulation of the minister of social affairs of the republic of indonesia number 7 of 2017 concerning standards for social habilitation and rehabilitation of persons with disabilities at the budi perkasa social rehabilitation center for physical disabilities palembang during the covid-19 pandemic. The method used in this research is a qualitative research methodology. The concept used in the research is the implementation and standards of social rehabilitation and rehabilitation. The data sources used are primary and secondary data. Based on the data analysis carried out, it was concluded that communication is still not optimal because during the covid-19 pandemic communication is influenced by cellphones, computers, internet data packages, pulses, and internet networks whose communication process is carried out by working from home or wrok from home. Wfh). Human resources during the covid-19 pandemic still have to be optimized because balai cannot accommodate persons with disabilities who must be rehabilitated in large numbers and for a limited period of time. 19 through the atensi program made adjustments by increasing the number to receive services outside the balai to approximately 2,275 persons with physical disabilities. This greatly affects work patterns and budgeting patterns, which initially became slightly larger, while the correlative hr remained. The inhibiting factor is the existence of the covid-19 pandemic, there are restrictions that cause mobility to be hampered so that the capacity of persons with disabilities at the balai is reduced and there are several employees who are exposed to the covid-19 virus. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Standar Pembinaan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas di Balai Rehabilitasi Sosial Budi Perkasa Untuk Cacat Fisik Palembang. selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kualitatif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan dan standar rehabilitasi dan rehabilitasi sosial. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, disimpulkan bahwa komunikasi masih belum optimal karena pada masa pandemi covid-19 komunikasi dipengaruhi oleh ponsel, komputer, paket data internet, pulsa, dan jaringan internet yang proses komunikasinya dilakukan dengan bekerja dari rumah atau bekerja dari rumah. wfh). Sumber daya manusia di masa pandemi covid-19 masih harus dioptimalkan karena Balai tidak dapat menampung penyandang disabilitas yang harus direhabilitasi dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu terbatas. 19 melalui program atensi dilakukan penyesuaian dengan menambah jumlah penerima pelayanan di luar balai menjadi kurang lebih 2.275 penyandang disabilitas fisik. Hal ini sangat mempengaruhi pola kerja dan pola penganggaran yang awalnya menjadi sedikit lebih besar, sedangkan jam korelatif tetap ada. Faktor penghambatnya adalah adanya pandemi covid-19, ada pembatasan yang menyebabkan mobilitas terhambat sehingga daya tampung penyandang disabilitas di balai berkurang dan ada beberapa pegawai yang terpapar virus covid-19
PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PT. POS LOGISTIK INDONESIA KANTOR CABANG PALEMBANG Zulkani Effendi
Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) Vol 20 No 2 (2022): MEI
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.012 KB) | DOI: 10.58222/js.v20i2.61

Abstract

The purpose of this study was to determine the Implementation of Management Information Systems and Service Quality at PT. Postal Logistics Indonesia Palembang branch office. Where previously the timeliness of delivery then problems in the quality of information in monitoring the delivery of goods was not good enough, thus affecting the quality of service at PT. Pos Indonesia Logistics Palembang Branch Office. This has attracted the attention of researchers to be appointed as the problem studied. The results of research on the implementation of management information systems in improving service quality at PT. Pos Logistik Indonesia Palembang Branch Office is successful because of the existence of a website which is an information system that provides many benefits in making the right decisions to set strategies in the face of intense business competition of the same type. So that this system is of very good quality with information presented in a fast, precise, accurate and reliable way, the concept of the system is easily accessible and presented in an easy-to-understand format, very supportive in evaluating the performance of a company in an effort to improve service quality to become more reliable, empowered highly responsive, attentive to consumer needs, able to guarantee the best service that can be felt directly by consumers. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Sistem Informasi Manajemen dan Service Quality pada PT. Kantor Pos Logistik Indonesia cabang Palembang. Dimana sebelumnya ketepatan waktu pengiriman kemudian masalah kualitas informasi dalam pengawasan pengiriman barang kurang baik, sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan pada PT. Pos Indonesia Logistik Kantor Cabang Palembang. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk diangkat sebagai masalah yang diteliti. Hasil penelitian penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan kualitas pelayanan pada PT. Pos Logistik Indonesia Kantor Cabang Palembang berhasil karena keberadaan website yang merupakan sistem informasi yang memberikan banyak manfaat dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk menetapkan strategi dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat jenisnya. Sehingga sistem ini sangat berkualitas dengan informasi yang disajikan secara cepat, tepat, akurat dan terpercaya, konsep sistem mudah diakses dan disajikan dalam format yang mudah dipahami, sangat mendukung dalam mengevaluasi kinerja suatu perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih handal, berdaya tanggap tinggi, memperhatikan kebutuhan konsumen, mampu menjamin pelayanan terbaik yang dapat dirasakan langsung oleh konsumen.

Page 1 of 11 | Total Record : 110