Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya
Vol 11, No 2 (2021): (Mei 2021)

Pembelajaran Menulis Puisi Bebas dengan Pemodelan pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Muhammad Zaki Lazuardi (Unknown)
Supriyadi Supriyadi (Unknown)
Sitti Rachmi Masie (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala yang dialami siswa pada proses pembelajaran dalam menulis sebuah puisi bebas. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sebuah perancangan pembelajaran tentang menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pemodelan, kemudian pelaksanakan pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan pemodelan, lalu mencari sebuah kendala-kendala apa saja yang dialami saat pembelajaran menulis puisi bebas, selanjutnya mendapatkan solusi dan kendala yang dialami oleh sisiwa dalam menulis puisi bebas dengan menggunakan pemodelan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokmentasi Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi bebas kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo yang mencakup proses, metode, rpp,bahan ajar,media pembelajaran,dan evaluasi pembelajaran menulis puisi.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran telah dilakukan secara matang yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai perencanaan yang telah disusun secara matang dan terperinci dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui tahapan kegiatan awal, inti dan akhir. (3) Kendala-kendala yang dialami dalam proses pelaksanaan pembelajaran terdiri dari (a1) Guru, (b) Siswa, (c) Orang Tua, (d) Fasilitas Penunjang, dan (e) Waktu. (4) Solusi terhadap hambatan, antara lain (a) Guru melakukan browsing internet untuk menambah referensi model puisi bebas, (b) Guru mencari informasi terbaru dari internet, majalah, koran dan lain-lain sebagai bahan variasi dalam pembelajaran, (c) Guru memanfaatkan WhatsApp Group orang tua untuk berkomunikasi dengan orang tua, (d) Sekolah melakukan himbauan kepada orang tua untuk memfasilitasi anak dalam pembelajaran, (e) Sekolah memfasilitasi kuota internet.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JBSP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The aims of this journal is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: - Indonesian Language - Indonesian ...