Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya
Vol 12, No 2 (2022): (Mei 2022)

PEMBELAJARAN ANSAMBEL REBANA GORONTALO MELALUI PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Podu, Mohamad Hidayat (Unknown)
Karlan, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Pembelajaran Ansambel Rebana Gorontalo menggunakan metode Number Head Togather (NHT) merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat dan mendesriksipkan sejauh mana penerapan metode NHT pada pembelajaran ansabel musik tradisi di kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yaitu Pembelajaran, Ansambel Musik Tradisional, Ansambel Musik, Metode Pembelajaran Kooperatif dan Metode Number Head Togather.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna membantu memahami dan mendeskrisikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat proses pembelajaran memasuki tahap beransambel, penerapan metode NHT sangat berpengaruh. Tanggung jawab dari setiap siswa semakin tinggi untuk membawakan tugas yang telah didapatkan dalam memainkan pola rabana Gorontalo secara bersama-sama dengan teman lainnya dari awal hingga akhir. Meskipun dalam prosesnya masih terdapat siswa yang masih keliru atau kurang tepat dalam memainkan pola ritme yang menjadi tugasnya, nomor kepala dari setiap siswa sangat berperan dalam memupuk kerjasama antar siswa, baik antara siswa dalam satu kelompok maupun siswa yang memiliki nomor kepala yang sama. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu berdasarkan penilaian individu dengan tiga indikator penilaian, siswa yang mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)' berjumlah delapan orang dan satu orang siswa mendapat nilai ‘Baik (B). Selanjutnya berdasarkan penilaian secara kelompok, dari tiga kelompok ansambel rebana Gorontalo satu kelompok mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)' dan dua kelompok mendapat nilai ‘Baik (B)'.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBSP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The aims of this journal is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: - Indonesian Language - Indonesian ...