Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora (JASIORA)
Vol 5, No 2 (2021): Desember

Menentukan Pola Pembelian Produk Dengan Rule Mining Algoritma Apriori Pada Ud. Pelita Kita Padang

Susriyanti - (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Sarjon Defit (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Nanik Istianingsih (STIA Setih Setio)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dari transaksi penjualan perusahaan menggunakan rule asosiasi Apriori. Tujuannya adalah untuk melihat pola perilaku pembelian pelanggana terhadap produk-produk UD. Pelita Kita Padang secara kombinasi. Dari hasil pengujian rule asosiasi Apriori, didapat 5 rule asosiasi yang terbentuk. Pola asosiasi yang terbentuk dalam hasil pengujian menggunakan nilai minimum support 30% dan nilai minimum confidence 70% menghasilkan 5 aturan rule asosiasi. Dan strong rules tertinggi didapatkan pada rule asosiasi J → P dengan nilai support 38% dan nilai confidence 86,4%. Artinya pelanggan yang membeli produk J (Jendela) dan P (Pintu) secara bersamaan sebanyak 38% dari semua transaksi yang ada, dengan tingkat kebenaran atau keyakinan mereka akan membeli keduanya secara bersamaan adalah 86,4%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

admngr

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio sebagai wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian di bidang ilmu sosial. Selain itu jurnal ini juga dapat menjadi wahana tukar pandang dan informasi di ...