PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2017): PEDADIDAKTIKA

pengaruh model kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi

Sipa Urohmah (UPI Kampus Tasikmalaya)
Momoh Halimah (UPI Kampus Tasikmalaya)
Ahmad Mulyadiprana (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya akan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosisal di Sekolah Dasar. Untuk pembelajaran IPS, model yang digunakan yakni model pembelajan Kontekstual yaitu pembelajaran mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum yaitu bagaimana penerapan model kontekstual terhadap hasil belajar siswa dalam penyelesaian soal IPS.  Sedangkan tujuan penelitian ini secara umum yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kontesktual terhadap hasil belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dalam penyelesain soal IPS. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sd Negeri 2 Setiamulya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya dengan tehnik pengambilan sampel yakni sampel jenuh. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah data berupa tes uraian. Analisis data Kuantitatif menggunakan microsoftexcell versi 2010 dan SPSS versi 22.0. berdasarkan data yang diperoleh peneliti bahwa hasil analisis dapat  disimpulkan pada hasil belajar siswa yang mendapatkan perlakuan atau pembelajaran yang menggunkan model kontekstual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang tidak mendapatkan perlakuan atau yang tidak diterapkannya model kontesktual. Kata Kunci :Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Siswa  

Copyrights © 2017