PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 3 (2018): PEDADIDAKTIKA

Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa dalam Materi Teks Fiksi

Fauzi Azhari (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Hodidjah Hodidjah (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Elan Elan (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kemampuan daya ingat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pendekatan pembelajaran yang dilaksanakan umumnya masih bersifat tradisional dan belum mampu mengembangkan kemampuan daya ingat siswa secara signifikan. Kemampuan daya ingat siswa sering kali terabaikan sehingga berimplikasi terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Peneliti memilih menggunakan media gambar seri yang didasarkan atas studi pustaka yang telah dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni melihat kemampuan mengingat siswa tanpa menggunakan media gambar seri dan dengan menggunakan gambar seri serta melihat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap materi teks fiksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengingat siswa tanpa menggunakan media gambar seri dan dengan menggunakan gambar seri serta mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap materi teks fiksi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gunungpereng 1 Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya dengan teknik pengambil sampel berupa sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan microsoft excel 2010 dan SPSS 16.0. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58 dan nilai posttest sebesar 80.3. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 67,3 dan nilai posttestĀ  sebesar 71,75. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan daya ingat siswa dengan menggunakan gambar seri pada materi teks fiksi lebih baik dibandingkan dengan kemampuan daya ingat siswa tanpa menggunakan gambar seri pada materi teks fiksi.

Copyrights © 2018