AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS khususnya pada materi perjuangan melawan penjajahan Jepang. Selain itu, penelitian ini dilakukan karena model pembelajaran NHT ini dianggap sebagai salah satu model pembelajaran yang mampu memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi. Pembelajaran NHT memiliki ciri khusus yakni adanya tahap penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama dan memberikan jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttes. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukamulya dan sampelnya adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Untuk pengujian sampelnya menggunakan uji non parametrik dengan uji Wilcoxon. Temuan tersebut menyatakan bahwa nilai rata-rata posttest setelah diberikan treatment menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih besar dengan perolehan 81,833 dengan kategori sangat tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan perolehan 51,00 dengan kategori sedang. Berdasarkan nilai perhitungan N Gain nilai rata-ratanya adalah 0,629 dengan kategori kualitas hasil belajar cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif NHT, Hasil Belajar
Copyrights © 2018