PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 3 (2018): PEDADIDAKTIKA

Pengembangan Multimedia Interaktif Pelaksanaan Pembelajaran Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM di SD

Asep Iman Nurjaman (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Ghullam Hamdu (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Elan Elan (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia interaktif pelaksanaan pembelajaran outdoor permainan tradisional berbasis STEM yang dapat digunakan oleh guru dan calon guru sekolah dasar sebagai referensi dalam merancang suatu pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak tersedianya rujukan yang dapat digunakan oleh guru untuk merancang pembelajaran yang menyenangkan dan menjawab tantangan abad 21. Pemilihan multimedia sebagai rujukan merupakan solusi agar pengguna mampu mengaitkan antara konsep pembelajaran berbentuk teks dengan implementasi pembelajaran melalui penayangan video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai rujukan yang digunakan guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik, menghasilkan rancangan multimedia interaktif pelaksanaan pembelajaran outdoor permainan tradisional berbasis STEM, memperoleh gambaran mengenai multimedia interaktif pelaksanaan pembelajaran outdoor permainan tradisional berbasis STEM ketika proses uji coba, dan menghasilkan multimedia interaktif pelaksanaan pembelajaran outdoor permainan tradisional berbasis STEM.  Penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan gambaran riil mengenai pelaksanaan pembelajaran outdoor permainan tradisional berbasis STEM di SD melalui penggunaan multimedia. Desain penelitian yang digunakan adalah Design based Research model Reeves, yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1) identifikasi dan analisis masalah; 2) pengembangan solusi yang didasarkan kepada informasi yang didapat; 3) melakukan proses berulang untuk menguji dan memperbaiki; 4) refleksi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 1 Gunungpereng sebagai model pada multimedia; guru dan calon guru sebagai responden; ahli video, konten, dan multimedia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan expert judgement. Hasil akhir dari penelitian adalah multimedia interaktif yang telah divalidasi dan dapat digunakan oleh guru sebagai media untuk mempelajari pembelajaran outdoor permainan tradisional berbasis STEM.

Copyrights © 2018