PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 2 (2020): PEDADIDAKTIKA

Pengenalan Pembelajaran Irama Model Eurhytmic di Sekolah Dasar

Chairunnisaa Chairunnisaa (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Resa Respati (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Ahmad Mulyadiprana (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Memiliki sensibilitas pada irama dalam belajar seni musik merupakan salah satu faktor meningkatkan musikalitas seorang anak. Seorang guru di Sekolah Dasar dapat menerapkan banyak cara untuk memberikan pemahaman pada anak tentang irama. Namun dengan monotonnya pembelajaran irama pada seni musik dinilai monoton sehingga anak tidak memiliki pengalaman langsung untuk melatih sensibilitasnya terhadap irama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model euritmik sebagai sarana mendapatakan pengalaman anak di sekolah dasar untuk meningkatkan sensibilitasnya dalam belajar irama. Model Euritmik yang dikemukakan oleh Dalcroze mampu menjadi cara meningkatkan sensibilitas anak terhadap irama karena disajikan melalui pengalaman langsung. Telah dijelaskan bahwa semua aktivitas tubuh — detak jantung, denyut nadi, dan pernapasan — adalah ritmis, dan karenanya, kelas Dalcroze yang khas terlibat dengan koordinasi yang sederhana, improvisasi gerakan tubuh yang dibuat dengan irama musik sebagai sarana ekspresi diri. Guru dalam penerapannya dapat membantu anak-anak mengembangkan pemahaman tentang musikal dasar konsep melalui gerakan ke musik.

Copyrights © 2020