PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2014): Pedadidaktika

SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Aminah Marifah (UPI Kampus Tasikmalaya)
Rustono W.S (UPI Kampus Tasikmalaya)
Desiani Natalina (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini  mendeskripsikan jenis-jenis scaffolding yang dilakukan guru dan cara guru dalam memberikan scaffolding pada pembelajaran menulis teks deskriptif bahasa Inggris di kelas V Sekolah Dasar.  Latar belakang penelitian ini  adalah kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris sehingga scaffolding banyak terjadi selama pembelajaran. Scaffolding merupakan bantuan sementara yang diberikan guru pada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding yang digunakan guru pada pembelajaran menulis teks deskriptif bermacam-macam dan guru memberikan scaffolding dengan cara tahapan-tahapan menulis.

Copyrights © 2014