TELL - US JOURNAL
Vol 4, No 2 (2018): September 2018

Students' Inconsistency Problems in Pronouncing Diphthong Sounds in Reading Aloud Activity at English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat

Rasaki, Irvan Haiko (Unknown)
Ikhsan, Muhammad Khairi (Unknown)
Rahmadhani, Astuti Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Ketidakkonsistenan dalam melafalkan bunyi rangkap vokal adalah suatu permasalahan yang sering kali ditemukan pada pelajar dalam melafalkan suatu bunyi huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang ketidakkonsistenan bunyi rangkap vokal yang dilafalkan oleh mahasiswa dalam aktifitas membaca dengan suara lantang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun kedua program  studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat yang berjumlah 9 mahasiswa yang mendapatkan nilai standar hingga minimum dalam mata kuliah pronunciation dari sesi yang berbeda berdasarkan kebutuhan penelitian yang memiliki masalah dalam pelafalan bunyi pada aktifitas membaca dengan lantang yang dilihat pada ketidakkonsistenan melafalkan rangkap vokal. Data dikumpulkan dengan melakukan pengamatan melalui instrumen pendukung penelitian yaitu tes dan rekaman video. Test adalah instrumen yang diberikan kepada sampel dengan bentuk teks untuk dibaca dengan suara lantang yang mengandung bunyi vokal rangkap dalam pengamatan pronunciation, serta rekaman video sebagai instrumen perekam yang bertujuan untuk menganalisa bunyi rangkap vokal yang tidakkonsisten yang dilafalkan mahasiswa dalam aktifitas membaca dengan suara lantang. Hasil dari analisa penelitian ini, terdapat 5 buah bunyi yang tidak konsisten dalam pelafalannya, yaitu bunyi. [ɪə], [eɪ], [aɪ], dan [ɔʊ].

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tell-us

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The purpose of TELL-US Journal is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of English research. TELL-US Journal is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on English. The TELL-US Journal ...