Jurnal Konseling dan Pendidikan
Vol 9, No 4 (2021): JKP

Tinjauan kuesioner strategi motivasi belajar: meta analisis

Sigit Muryono (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka, Jakarta)
Ifdil Ifdil (Universitas Negeri Padang)
Itsar Bolo Rangka (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menyajikan tinjauan meta-analitik dari Kuesioner Strategi Termotivasi untuk Pembelajaran (MSLQ), yang terdiri dari lima belas subskala yang dirancang dari teori pembelajaran sosial-kognitif klasik dan yang banyak digunakan untuk memprediksi kinerja akademik. Hasil berdasarkan 215 korelasi dari 67 sampel independen dan 90 mahasiswa menunjukkan bahwa subskala MSLQ bervariasi dalam kegunaannya untuk memprediksi nilai, dengan validitas terkait nilai mulai dari ÿ=0,40 untuk subskala yang mengukur regulasi upaya siswa hingga ÿ= 0,05 untuk subskala yang mengukur perilaku pencarian bantuan siswa. Analisis faktor dari interkorelasi meta-analitik secara luas mendukung struktur teoretis MSLQ. Perubahan atau penghapusan item dengan karakteristik psikometrik yang tidak diinginkan berpotensi menambah dukungan empiris untuk struktur teoretis MSLQ dan memperkuat utilitas prediktif subskala untuk kinerja akademik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Konseling dan Pendidikan merupakan jurnal ilmiah dalam bidang keilmuan Bimbingan dan Konseling dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Indonesian Institute for Counseling And Education (IICE), merupakan sub lembaga dari perusahaan Multikarya Kons merupakan salah satu Pusat Kajian, Latihan ...