Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 8, No 1 (2023)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARATIF KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI AKHLAK TERCELA DI SMAN 1 PONTIANAK

Nurjannah Nurjannah (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pontianak)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang inovatif akan berpengaruh terhadap situasi pembelajaran, sehingga situasi pembelajaran tidak lagi membosankan dengan menggunakan tipe jigsaw, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar standar kompetensi akhlak tercela Mata Pelajaran PAI pada siswa.Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian adalah pada penerapan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran yang sama ternyata aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu: Terdapat 26 orang siswa 86.57% siswa aktif membaca teks meteri yang diberikan. Terdapat 24 orang atau 80% siswa yang aktif berdiskusi dan telah melebihi skor ideal yaitu 75%. Ada 27 ORANG atau 90% siswa yang aktif mendengarkan penjelasan temannya dan sangat melebih skor ideal yang ada.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...