Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan supervisi akademik melalui kegiatan, merancang perencanaan program, pelaksanaan, evaluasi sebagai tindak lanjut oleh kepala madrasah di MTsN 1 Lima Puluh Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat pengumpul data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan menyusun program supervisi akademik dan membentuk tim supervisi yang diberi tugas membuat tujuan supervisi akademik dan membuat jadwal supervisi akademik. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik dengan beberapa teknik yaitu rapat dewan guru, melaksanakan kunjungan kelas, observasi kelas, mengamati penguasaan guru terhadap bahan ajar, melakukan diskusi kelompok serta pembicaraan individu. Ketiga, menindak lanjuti hasil supervisi akademik tenaga pengajar dengan membahas metode pembelajaran, teknik penggunaan dan penilaian, penggunaan media pembelajaran, penggunaan waktu dalam pembelajaran, serta merencanakan kegiatan pembinaan atau workshop.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023