Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023)

Kapasitas Pendidik dalam Program Layanan PAUD HI ditinjau dari Pengalaman Mengajar dan Pengembangan Diri

Wa Ode Syamzahrah Astarin (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Ali Formen (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Diana Diana (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Pemetaan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset tahun 2021 pada 34 provinsi di Indonesia menemukan bahwa rata-rata kapasitas pendidik dalam pelaksanaan pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD HI) relatif masih rendah yakni 58.5 dan masih terdapat 29.6% pendidik yang belum pernah mengikuti pengembangan diri melalui diklat serta pengalaman mengajar pendidik yang masih memerlukan peningkatan. Pemetaan ini belum dilakukan pada setiap provinsi sehingga belum diketahui bagaimana kapasitas pendidik pada setiap daerah Kabupaten/Kota. Maka, peneliti bertujuan mengembangkan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengalaman mengajar, pengembangan diri terhadap kapasitas pendidik dalam program layanan holistik integratif yang berada di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatakan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 140 pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat hubungan yang positif dan singnifikan antara pengalaman mengajar dan pengembangan diri terhadap kapasitas pendidik dalam program layanan PAUD HI.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...