JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Metode Pembelajaran Bilingual terhadap Self-Efficacy Siswa Sekolah Dasar

Eghita Desiane N (Universitas Airlangga)
Primatia Yogi Wulandari (Universitas Airlangga)
Nur Ainy Fardana N (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Pembelajaran bilingual dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing dan keterampilan komunikasi siswa. Selain itu, pembelajaran bilingual juga dianggap dapat meningkatkan kepercayaan diri (self-efficacy) siswa dalam mempelajari bahasa asing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran bilingual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self-efficacy siswa sekolah dasar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa sekolah dasar yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bilingual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan self-efficacy siswa sekolah dasar di Indonesia. Siswa yang belajar dengan metode pembelajaran bilingual memiliki self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...