Pembelajaran bilingual dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing dan keterampilan komunikasi siswa. Selain itu, pembelajaran bilingual juga dianggap dapat meningkatkan kepercayaan diri (self-efficacy) siswa dalam mempelajari bahasa asing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran bilingual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self-efficacy siswa sekolah dasar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa sekolah dasar yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bilingual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan self-efficacy siswa sekolah dasar di Indonesia. Siswa yang belajar dengan metode pembelajaran bilingual memiliki self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional.
Copyrights © 2023