Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 8, No 1 (2023): Maret

PENGEMBANGAN E-MODUL PADA ANDROID MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Syifa Salsabila (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nurul Anriani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran berakibat rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul pada android menggunakan kodular yang layak, valid, praktis, serta efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cibinong. Berdasarkan hasil analisis data dalam aspek kevalidan yang diperoleh dari uji ahli media dan ahli materi dengan presentase masing-masing 52,5% yang termasuk kedalam kategori cukup valid, dan 77,5% yang termasuk kedalam kategori valid. Aspek kepraktisan diperoleh berdasarkan respon guru dengan presentase sebesar 94,12% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik, sedangkan respon siswa diperoleh presentase sebesar 84% yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Aspek keefektifan diperoleh berdasarkan skor n-gain sebesar 0,57 dengan klasifikasi sedang, artinya e-modul layak, valid, praktis serta menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...