Journal of Education Action Research
Vol 7 No 1 (2023): February 2023

Model Pembelajaran Tipe JIGSAW Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Budi Syahri (Unknown)
M Giatman (Unknown)
Mukhlidi Muskhir (Unknown)
Hansi Effendi (Unknown)
Antoni Hilman (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Kemajuan pembelajaran terlihat pada perolehan nilai keaktifan dan hasil belajar siswanya. Namun praktiknya, pembelajaran yang berlangsung kurang optimal. Metode pembelajaran biasanya berpusat pada guru dan monoton. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran tipe jigsaw berbasis problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian berjenis classroom action research. Subjek penelitian siswa kelas X TPM berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dengan observasi dan memberikan soal tes kepada siswa. Terdapat dua siklus dengan tiga pertemuan. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data perubahan keaktifan belajar peserta didik, dan lembar tes digunakan menilai hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis persentase. Hasil Penelitian mengungkapkan aktivitas belajar meningkat dari 60,23% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Hasil belajar terjadi peningkatan kesempurnaan klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 63,63 dengan jumlah 14 orang peserta didik, dan pada siklus II sebesar 81,81 dengan ketuntasan 18 orang peserta didik. Disimpulkan penggunaan model pembelajaran Jigsaw berbasis problem based learning dapat menaikkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Teknik Elemen Mesin Mekanik Kelas X TPM. Implikasi penelitian ini diharapkan model pembelajaran tipe Jigsaw basis Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...