Jurnal Inventa
Vol 7 No 1 (2023): Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS 4 SD N PANGGUNG LOR

Atikah Dewi Anggita (Universitas PGRI Semarang)
Ervina Eka Subekti (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)
Catur Prasetiawati (SD Negeri Panggung Lor)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Bagi peserta didik, minat belajar sangatlah krusial. Peserta didik senang dengan pembelajaran IPAS karena pembelajaran IPAS memuat pembelajaran dan pengalaman yang ada pada kehidupan sehari-hari. Studi ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar IPAS siswa kelas IV di SDN Panggung Lor. Metode penelitian ini ialah kualitatif dan deskriptif. Studi ini melibatkan guru dan siswa kelas IV. Observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data. Pendekatan analisis data terdiri dari tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peserta didik memiliki minat untuk belajar IPAS karena pembelajaran dikemas dengan menarik dan menyenangkan ialah temuan studi ini. Minat belajar berpengaruh terhadap proses dan pencapaian hasil belajar siswa, karena siswa tidak akan pernah belajar secara efektif jika tidak ada minat untuk melakukannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal_inventa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Inventa telah terbit online maupun cetak yang memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau gagasan atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan bidang pendidikan sekolah dasar. ...