Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan laboratorium religi dalam penguatan karakter siswa di di SMP Negeri 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis konten dengan proses reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk-bentuk kegiatan di laboratorium religi bagi siswa beragama islam antara lain (a) shalat zuhur berjamaah, (b) kegiatan baca al-qur’an, (c) kegiatan hapalan surah pendek, dan (d) kegiatan ceramah agama; (2) strategi pelaksanaan program laboratorium religi dilaksanakan sesuai dengan bentuk kegiatannya. Untuk kegiatan (a) pelaksanaan shalat zuhur berjamaah dilakukan dengan membiasakan siswa mengumandangkan azan, ikamah, dan menjadi imam; (b) kegiatan baca al-qur’an dilakukan melalui kegiatan baca iqra, hapalan, mempelajari tajwid, tahfidz, tahzinul Qiraah, khatam, dan mengikuti lomba seperti MTQ; (c) kegiatan hapalan surah-surah pendek, dilakukan melalui pembiasaan siswa membaca al-quran 15 menit sebelum masuk ke dalam kelas, dan menentukan surah yang akan dihapal; dan (d) kegiatan ceramah agama dilakukan dengan menentukan tema ceramah, menghubungi nara sumber, menunjuk moderator, dan menyiapkan materi; (3) monitoring dan evaluasi pelaksanaan program di laboratorium religi dilakukan oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan . Program laboratorium religi ini dikoordinir langsung oleh guru agama di bawah tanggung jawab kepala sekolah; dan (4) implikasi dari program di laboratorium religi antara lain: terbentuknya karakter religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, gotong royong, peduli lingkungan, sopan santun dan cinta damai. Program laboratorium religi ini telah membawa dampak yang sangat baik bagi semua warga sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023