Jambura Journal of Health Sciences and Research
Vol 5, No 2 (2023): APRIL: JAMBURA JOURNAL OF HEALTH SCIENCES AND RESEARCH

PENGARUH MUTU PELAYANAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS SEMULA JADI KOTA TANJUNG BALAI TAHUN 2021

Beatrecia Flaviana (Universitas Prima Indonesia)
Ulina Karo-Karo (Unknown)
Eva Ellya Sigabariang (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakan dibanding dengan harapannya. Kepuasan pasien akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari pemberi jasa kepada pasien sesuai dengan apa yang diharapkan. Ketidakpuasan pasien terjadi apabila hasil yang diterimanya tidak sesuai dengan harapan pasien. Kebaruan penelitian karena menganalisis pengaruh mutu pelayanan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan SDM terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjung Balai. Metode penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif dengan desain Cross-sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dan yang menjadi sampel sejumlah 45 orang yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Analisis data bivariate menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bukti fisik (tangible) dengan kepuasan pasien dengan nilai P-value 0,000 α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara kepedulian (empathy) dengan kepuasan pasien dengan P-value 0,000 α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan keandalan (reliability) dengan kepuasan pasien dengan P-value 0,000 α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara daya tanggap (responsiveness) dengan kepuasan pasien dengan P-value 0,000 α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara jaminan (assurance) dengan kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Semula Jadi dengan P-value 0,001 α 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan signifikan antara bukti fisik (tangible), kepedulian (empathy), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) dengan kepuasan pasien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjhsr

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jambura Journal of Health Sciences and Research is a health scientific journal which published original articles of public health. This articles Published Twice a year in January and July. Which Focus and Scope in public health issues, including : Epidemiology, Health Education and Promotion, ...