Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

An Evaluation of English Textbook for Second Grade Elementary School

Yona Rachma Karuana (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Evi Karlina Ambarwati (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2023

Abstract

Buku teks merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Baik guru maupun siswa sebagian besar menggunakannya sebagai landasan pembelajaran di kelas dan menjadi sumber belajar yang efektif. Banyaknya penerbit buku yang memproduksi buku teks dalam berbagai format dan jenis berdasarkan implementasi kurikulum di Indonesia, menunjukkan pentingnya mengevaluasi buku teks apakah memenuhi standar materi pengajaran. Evaluasi buku teks merupakan bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar karena penting dalam membantu guru agar lebih selektif dalam memilih buku teks untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah buku ajar bahasa Inggris berjudul “Grow with English” buku 2 terbitan Erlangga memenuhi kriteria penilaian buku ajar. Diperhitungkan dan dikembangkan berdasarkan adaptasi kriteria evaluasi materi yang diajukan oleh BSNP dan teori Cunningsworth. Desain penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui evaluasi checklist. Temuan menunjukkan bahwa buku teks memenuhi hampir semua kriteria. Hal ini berarti buku teks tersebut dikategorikan baik. Ini dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, namun dapat ditingkatkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...