Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 2 Moyongkota Baru

Hardianti Bahansubu (Universitas Negeri Manado)
Jeanne Mangangantung (Universitas Negeri Manado)
Mayske Rinny Liando (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media video. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Moyongkota Baru. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Aspek yang diukur dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan materi gaya dan gerak melalui model pembelajaran inkuiri dengan media video. Adapun hasil dari aktivitas siswa dalam setiap siklus yaitu pada siklus I 61,34 % siklus II 70,85 % dan siklus III 80,57 %. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah presentase aktivitas siswa dan ketuntasan belajar. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...