Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1b (2023): April

Implementasi Metode Pembelajaran Brainstorming Berbantuan Media Brosur Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Pada Materi Lembaga Sosial Kelas VII 2 SMPN 1 Lingsar

Azzumar Wirahadi (Universitas Mataram)
Hairil Wadi (Universitas Mataram)
Suud Suud (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran brainstorming berbantuan media brosur di kelas VII 2 SMPN 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokuentasi. Adapun tahapan penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VII 2 SMPN 1 Lingsar, sementara informan dalam penelitian adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hasil penelitian siklus I menunjukan tingkat keaktifan siswa pada materi lembaga sosial berada pada presentase 67% dan jumlah siswa yang tuntas pada materi lembaga sosial adalah 42.85% sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 57.14%, selanjutnya pada siklus II menunjukan tingkat keaktifan siswa pada materi lembaga sosial berada pada presentase  82.2%% dan jumlah siswa yang tuntas pada materi lembaga sosial adalah 89.29% kemudian jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 10.71%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...