Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
Vol 4 No 1 (2023): April

Development of Problem-Based Learning Devices to Improve Critical Thinking Skills

Alfiani Syarifatul Ajri (Unknown)
Riki Perdana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2023

Abstract

Perangkat pembelajaran dapat membantu guru dalam proses pembelajaran yang terarah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen penilaian hasil belajar berupa pilihan ganda. Instrumen yang digunakan dalam tahap develop berupa lembar validasi. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh dosen ahli dan tiga mahasiswa. Hasil pengisian lembar validasi tersebut dianalisis menghitung persentase lalu dikategorikan dalam rentang skor kumulatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji kelayakan RPP, LKPD, dan instrumen penilaian hasil belajar secara keseluruhan menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning memiliki kategori sangat layak dengan nilai diatas 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains (JIPS) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan di bidang pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi. Semua manuskrip yang dikirimkan akan dikenakan proses review setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh ...