Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan
Vol. 1 No. 2: Maret 2023

Problematika pada Pembelajaran Apresiasi Sastra

Lestari Purwaningsih (IKIP Siliwangi)
Agung Sudibyo (IKIP Siliwangi)
Heri Isnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Artikel ini, selain bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pada pembelajaran apresiasi sastra , mengkaji kondisi pembelajarannya melalui kajian pustaka dari berbagai makalah ilmiah, jurnal, dan buku terkait apresiasi sastra juga membahas beberapa langkah-langkah sederhana peran penting guru dalam menstimulasi pembelajaran apresiasi sastra. Siswa perlu dituntun untuk mengenal apresiasi sastra lebih jauh. Problematika apresiasi sastra diharapkan teratasi melalui peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran apresiasi sastra , tidak hanya penyampaian teori dan sejarah sastra di kelas, namun mengajak siswa untuk lebih mengeksplorasi dirinya pada apresiasi sastra baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik observasi dan studi Pustaka sebagai cara pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah Pengajar harus mampu membuat pembelajaran sastra semenarik mungkin, sehingga peserta didik berminat dengan karya sastra dan mampu mengapresiasinya. Kata Kunci: problematika, pembelajaran, apresiasi, sastra.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSPK

Publisher

Subject

Education Other

Description

Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan mengundang para peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mengirimkan artikel terbaiknya dalam bidang sastra dan pendidikan kesusastraan. Jurnal Metonimia merupakan jurnal ilmiah yang bersifat terbuka (open accsess) dan proses penerbitan artikelnya ...