Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 1 (2023): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar

Arlina Arlina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Aisyah Amini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Nur Ainun (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Melati Maharani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MIS SKB 3 Menteri Al-Ikhwan Desa Mekar Tanjung Kab. Asahan penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatnya minat belajar siswa karena adanya upaya guru yang dilakukan dengan memberikan arahan kepada siswa untuk mengerjakan tugas tepat waktu, memberikan reward/hadiah kepada siswa berdasarkan perolehan ceklis dalam tabel reward, membuat kelompok dalam belajar, dan yang terakhir memberikan hukuman kepada siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang sudah di berikan oleh guru tersebut. Dari upaya yang dilakukan oleh guru terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa mulai berubah dalam belajar sehingga siswa lebih meningkat dalam belajar nya maka upaya yang dilakukan guru berhasil dalam belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...