Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Alfina Wahyuningrum (Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen)
Ismi Anggraini (Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen)
Luthfi Aji Ramdani (Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen)
Risdianto Hermawan (Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penggunaan media busy book dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran, hal ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini yang mempunyai dunia sendiri yaitu dunia bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media busy book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usai 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain One Group Pretes-Posttest. Populasi penelitian ini menggunakan anak usia 5-6 tahun di RA Baitul Athfal Kalirejo yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan membaca permulaan dan dokumentasi kegiatan penggunaan media busy book Analisisi data menggunakan Paired Samples T-Test dengan signifikasi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penggunaan media busy book memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Baitul Athfal Kalirejo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...