Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 4 (2023): Journal on Teacher Education

The Analysis of Lexical Cohesion on Academic Text of IELTS Reading Passages and Its Implication for English Teaching

Sahlan Tampubolon (Universitas HKBP Nommensen)
Christina Natalina Saragi (Universitas HKBP Nommensen)
Lestari Kasih Grasella Nahampun (Universitas HKBP Nommensen)
Adi Suarman Situmorang (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan item kohesi leksikal yang dominan pada bacaan akademik IELTS. Penelitian ini dilakukan dengan metode Deskriptif Kualitatif. Subyek penelitiannya adalah bacaan bacaan IELTS 16. Objek penelitiannya adalah kohesi leksikal yang ditemukan dalam teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kohesi leksikal yang ditemukan adalah Pengulangan, Sinonim, Antonim, Hiponim, Meronim, dan Kolokasi. Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah kohesi leksikal tertinggi muncul dalam teks adalah kolokasi (25 item) dan pengulangan (19 item). Ini berarti teks akademik IELTS kompleks dan dapat disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari karena bergantung pada isu-isu umum yang disajikan secara global. Teks akademik ini sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris dan secara pedagogis sangat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan kata-kata dalam bahasa Inggris dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...