Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna
Vol 4 No 1 (2023): Teknologi Tepat Guna

RECOVERY OF PALUR TRADERS' ECONOMY THROUGH ONLINE PROMOTION & MARKETING DESIGN TRAINING

Hunik Sri Runing Sawitri (Universitas Sebelas Maret)
Intan Novela Qurrotul Aini (Universitas Sebelas Maret)
Asri Laksmi Riani (Unknown)
Suryandari Istiqomah (Unknown)
Anastasia Riani Suprapti (Unknown)
Mugi Harsono (Unknown)
Jasanta Peranginangin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

UMKM termasuk salah satu sector yang sangat terdampak dengan adanya Pandemi Covid-19. Kondisi Pandemi ini bahkan menyebabkan 63,9% dari UMKM yang terdampak mengalami penurunan omzet lebih dari 30%. Dampak pandemic juga dirasakan oleh para pedagang di sekitaran Prapatan Perumnas Palur dimana diwilayah tersebut menjadi wilayah perdagangan yang cukup ramai sebelum pandemi. Penurunan konsumsi rumah tangga serta berkurangnya aktivitas berbelanja di luar rumah menyebabkan berkurangnya pendapatan warung-warung makanan, warung sembako dan pedagang – pedagang kecil yang berada di Perumnas Palur khususnya di wilayah prapatan, daerah yang menjadi sentra hilir mudik penduduk di wilayah ini. Banyak dari pedagang yang masih mengandalkan penjualannya secara offline dan ketidakpahaman cara untuk beradaptasi dengan perubahan semakin membuat dampak pandemic terasa cukup berat bagi mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan ini dilakukan untuk membantu pada pedagang di wilayah prapatan Perumnas Palur agar dapat memunculkan kreativitas dan inovasi dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang serba digital saat ini. Adapun kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama melakukan Sosialisasi serta melakukan proses Need Training Analysis untuk mengetahui profil pedagang serta kebutuhan pelatihan yang akan diselenggarakan. Tahap selanjutnya adalah melaksanakan pelatihan sesuai kebutuhan seperti pelatihan kewirausahaan dan manajemen bisnis online, pelatihan membuat desain promosi flyer canva serta praktek pemasaran online sederhana. Hasil dari pelatihan peserta mendapatkan pengetahuan yang bertambah tentang mindset kewirausahaan dan manajemen bisnis. Peserta juga dapat meningkatkan kemampuan membuat desain promosi melalui aplikasi Canva. Selain itu peserta juga bisa melakukan praktik pemasaran online sederhana baik melalui media social maupun aplikasi. Hasil dari post test menunjukkan bahwa hampir semua peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik , sangat bermanfaat, dan mereka menjadi tertarik untuk memasarkan produknya secara online. Peserta juga berharap bahwa mereka akan mendapatkan pelatihan lagi untuk memperdalam pengetahuan tentang bisnis secara online.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TTG

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

Focus and Scope The Journal of Appropriate Technology Services (JPTTG) has a vision and mission of community development with technology. In line with this vision and mission, JPTTG receives and publishes relevant service results with the application, training and understanding of technology to the ...