Jurnal Abdimas Prakasa Dakara
Vol. 3 No. 1 (2023): Inovasi dan Kolaborasi Meningkatkan Pendidikan dan Pariwisata

Implementasi Dukungan Psikososial, Literasi dan Numerasi untuk Siswa Korban Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur

Ari Septian (Universitas Suryakancana)
Aprilla Adawiyah (Universitas Suryakancana)
Aan Hasanah (Universitas Suryakancana)
Nia Jusniani (Universitas Suryakancana)
Tasya Allifa Khaerunisa (Universitas Suryakancana)
Dinda Zahrotun Nisa (Universitas Suryakancana)
Dita Yuana (Universitas Suryakancana)
Elsa Adetia (Universitas Suryakancana)
Fatimah Febrianti Mustopa (Universitas Suryakancana)
Mutia Dyaning Tyas (Universitas Suryakancana)
Nopita Palwa (Universitas Suryakancana)
Rahmathunnisa Fauzyah (Universitas Suryakancana)
Dede Devi (Universitas Suryakancana)
Zubair Ahmad (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2023

Abstract

Gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur pada tanggal 21 November 2022 menyebabkan korban jiwa juga kerugian materi. Kerusakan yang ada pada fasilitas pendidikan mau tidak mau membuat pendidikan anak menjadi terganggu. Perlu adanya kerja sama dari semua pihak agar bencana yang terjadi dapat ditangani dengan baik. Mahasiswa memiliki peran membantu sekolah-sekolah darurat dalam memberikan pengajaran kepada anak-anak yang terdampak bencana. Pemberian pengajaran ini dilakukan baik dalam memberikan materi pembelajaran sebagaimana anak dapatkan di sekolah maupun dalam hal terkait psikososial anak. Metode menggunakan pendekatan dukungan psikososial. Sasarannya yaitu siswa SD Negeri Giriharja dan SD Negeri Sukmajayana di Kabupaten Cianjur. Pelaksana kegiatan ini yaitu dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Suryakacana Cianjur. Hasilnya yaitu Sudah ada perubahan dari segi psikososialnya yaitu anak-anak sudah mulai dalam kondisi normal dan minat belajarnya sudah mulai baik. Namun, hasil dari kegiatan literasi numerasi masih belum maksimal karena kondisi gempa dan sarana prasarana yang belum menunjang dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Prakasa Dakara is a peer-reviewed and open-access journal managed and published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara, Jakarta, half-yearly in April and October. The aims to be open access ...