Attoriolong
Vol 21, No 1 (2023): Attoriolong Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Secara Daring pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri Makassar Tahun Ajaran 2021/2022

Andriani Andriani (Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM)
M. Rasyid Ridha (Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM)
Jumadi Jumadi (Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah di masa Pandemi Covid-19 pada jenjang sekolah menengah atas di Kota Makassar, dengan menelusuri perencanaan pembelajaran sejarah secara daring, proses pembelajaran sejarah secara daring, dan evaluasi pembelajaran sejarah secara daring selama pandemic Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, wali siswa dan siswa di sekolah menengah atas yaitu SMA Negeri 11 Makassar pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah guru sejarah, wali siswa dan siswa dari kelas MIPA di tingkatan kelas XI. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 11 Makassar kelas XI MIPA 3 sudah terlaksana dengan baik, guru dan siswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan siswa. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya seperti kondisi jaringan yang terkadang kurang mendukung dan kesulitan siswa memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Attoriolong

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Attoriolong diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM. Jurnal Attoriolong memuat tulisan yang terkait dengan Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan. dipublikasikan dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan ...