Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI DAN INFORMASI (TI) DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 MAKASSAR

Qonita Deifaky Tsauria (Universitas Negeri Makassar)
Kaharuddin Kaharuddin (Universitas Negeri Makassar)
Nurhayati Nurhayati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kemampuan literasi Teknologi dan Informasi (TI) dengan hasil belajar Fisika peserta didik di SMAN 1 Makassar. Kemampuan literasi TI merupakan variabel independen pada penelitian ini, sedangkan variabel dependen yakni hasil belajar Fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Data hasil penelitian yang diperoleh merupakan data primer berupa tes kemampuan literasi TI peserta didik, serta data sekunder untuk hasil belajar Fisika peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik simple random sampling. Analisis data yakni menggunakan uji korelasi Pearson dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, kemampuan literasi TI peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Makassar berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil belajar Fisika peserta didik berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis inferensial, diperoleh hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan literasi TI dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI di SMAN 1 Makassar.

Copyrights © 2023