Guru adalah profesi seorang pendidik yang harus menguasai kemampuan dasar mengajar. Untuk menghasilkan guru yang profesional dibidangnya, maka seyogyanya mahasiswa calon guru mendapatkan pembelajaran yang menggambarkan kondisi nyata dilapangan saat mahasiswa itu nantinya akan menjadi seorang guru yang sebenarnya. Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan pembelajaran microteaching juga mengalami hambatan, untuk itu menarik untuk dilakukan kajian tentang cara mengasah keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi di era Covid-19. Penelitian ini merupakan sitematic literatur review dengan mereview tujuh artikel yang terkait dengan keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi di era Covid-19. Dari tujuh artikel yang direview didapatkan bahwa dari tujuh artikel yang direview semuanya membahas tentang cara membekali keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru di era Covid-19 dengan berbagai pendekatan dan model inovatif yang memanfaatkan pembelajaran berbasis internet seperti Kippin School, video YouTube, buku dengan model pembelajaran Everyone is A Teacher Here, dan pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) melalui virtual class. Selain itu ketujuh artikel juga membahas tentang pentingnya membekali mahasiswa calon guru dengan keterampilan dasar mengajar karena kesiapan calon guru adalah kunci dari keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa ketujuh artikel telah mengkaji tentang upaya yang dilakukan untuk mengasah keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru.
Copyrights © 2023