Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan intensitas penggunaan gadget dantingkat kemalasan sosial pada siswa kelas tinggi di MIM Bandar 1. Peneliti menggunakan jenispenelitian kualitatif. Sebagai subjek penelitian adalah 2 guru, 4 orangtua, dan 17 siswa MIMBandar 1. Datanya diperoleh dari metode angket, wawancara dan observasi. Teknik analisisdata yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan menggunakan model Miles danHuberman. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) intensitas penggunaangadget pada siswa kelas tinggi di MIM Bandar 1 berada pada kategori sedang atau sebesar58,8%, selanjutnya 23,5% kategori tinggi, dan 17,6% kategori rendah; 2) tingkat kemalasan sosialsiswa kelas tinggi di MIM Bandar 1 pada kategori sedang sebesar 64,71%, dan masing- masing17,65% pada kategori tinggi dan rendah. Dengan demikia tingkat kemalasan sosial siswabersesuaian dengan intensitas penggunaan gadget.
Copyrights © 2021