Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang cenderung melakukan penundaan tugas (prokrastinasi) yang diberikan oleh Bapak/ibu guru sehingga berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Serta kurang efektifnya pelaksanaan layanan bimbingan konseling khususnya pelaksanaan layanan penguasan konten yang diberikankepada siswa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan tingkat prokrastinasi akademik siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten; 2) mendeskripsikan tingkat prokrastinasi akademik siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten; 3) menguji keefektifan layanan penguasaan konten untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design yaitu the one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan tepatnya di kelas XI IPS SMA Negeri 1 telukdalam dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) tingkat prokrastinasi akademik siswa sebelum pemberian layanan penguasaan konten berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 97,7 dan persentase 69,8%; 2) tingkat prokrastinasi akademik siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 66,3 dan persentase 47,3%; dan 3) berdasarkan hasil perhitungan, Zhitung = 5,160, N = 35 dan a = 0,05. (5,160>0,05) artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten efektif terhadap masalah prokrastinasi akademik siswa dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Saran: 1) diharapkan kepada siswa untuk memiliki kemampuan untuk meminimalisir prokrastinasi akademik siswa 2) bagi guru BK hendaknya melaksanakan layanan bimbingan konseling dengan baik dan optimal, sehingga memperhatikan masalah siswa terutama masalah belajar dan 3) kepala sekolah hendaknya mengimplementasikan kurikulum belajar merdeka agar kegiatan pelayanan BK tercapai sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023